Installasi Linux Ubuntu Server 18.04 LTS

Selamat siang semuanya, berjumpa lagi bersama coretan - coretan sederhana dari penulis. Pada kesempatan kali ini penulis akan mengajak kalian untuk melakukan installasi linux ubuntu server 18.04 LTS. 
Proses installasi yang penulis jelaskan disini dapat kalian gunakan untuk melakukan installasi secara real ataupun menggunakan media virtualisasi ya... Karena sebenarnya tidak ada yang membedakan melakukan installasi pada virtual mesin ataupun langsung real. Jikalapun ada hanya sedikit pada bagian depan yang saya pastikan tidak akan mempengaruhi hasil akhir. 
Sebelum kalian semua melakukan proses installasi ini maka perlua kalian ketahui dahulu minimum requirement dari sistem operasi yang akan kalian lakukan installasi. Sebagai contoh disini saya akan melakukan installasi ubuntu server 18.04 LTS maka berikut adalah minimum requirementnya :

Setelah anda menentukan minimum requirement maka tahapan selanjutnya adalah menentukan metode installasi apa yang anda gunakan apakah menggunakan VM atau menggunakan real PC. Untuk memudahkan kalian mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan installasi linux ubuntu server 18.04 LTS berikut penulis bagi mejadi 2 buah kategori :

Silahkan anda menenutkan metode installasi yang mana sesuaikan dengan kebutuhan anda. Oya... perlu penulis ingatkan bahwa khusus untuk yang menggunakan real PC pastikan anda tidak menjadikan notebook untuk menginstall ubuntu server 18.04. Selain karena sistem operasi ini diperuntukkan untuk server namun juga sistem operasi ini tidak memiliki desktop environment. 

Oke Setelah seluruh komponen sesuai dengan yang dibutuhkan sudah anda siapkan maka tahapan selanjutnya adalah melakukan installasi sistem operasi linux ubuntu server 18.04 LTS Edition. Silahkan anda ikuti tahapa - tahapan berikut ini :
  • Pilih Bahasa yang akan anda gunakan untuk linux ubuntu server. Sebagai contoh disini saya memilih English. Tekan tombol Enter untuk melanjutkan. 
  • Pada tahapan ini silahkan anda tentukan layout keyboard yang anda gunakan. Secara default jika anda berada di Indonesia maka silahkan pilih English (US) dan tekan menu Done untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 
  • Disini ubuntu meminta anda untuk memilih jenis installer apa yang akan dilakukan. Karena tujuan awal akan melaukan instalasi ubuntu server maka pilih Install ubuntu dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan. 
  • Pada tahapan ini sistem akan mendeteksi adanya konfigurasi jaringan yang ada di tempat anda. Biarkan saja default sesuai yang di tentukan oleh ubuntu silahkan anda pilih done dan tekan Enter untuk melanjutkan. 1)
  • Pada tahapan ini sistem meminta anda untuk menentukan network proxy, jika dalam jaringan anda terdapat proxy server maka silahkan masukka IP Addressnya disini. Jika tidak maka biarkan saja kosong. Langsung saja tekan Enter untuk melanjutkan. 
  • Disini sistem meminta anda untuk menentukan cara melakukan pemartisian terhadap hard disk yang anda miliki. Untuk mempermudah anda silahkan pilih menu Use An Entire Disk, menu ini akan membuat sistem melakukan pemartisian hard disk yang anda miliki sesuai dengan partisi minimal. Tekan tombol enter untuk melanjutkan.
  • Silahkan anda pilih hard disk yang akan dilakukan pemartisian, Silahkan anda tekan enter untuk melanjutkan proses pemartisian secara otomatis.
  • Pada tahapan ini sistem akan memberitahukan kepada anda bahwa, partisi yang dibutuhkan untuk melakukan installasi linux ubuntu selesai dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jika anda sudah setuju dengan partisi ini maka tekan menu Done dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 
  • Sistem melakukan konfirmasi kepada anda, apakah akan melanjutkan proses pemformatan dan installasi. Dengan anda menekan menu Continue maka anda tidak akan dapat kembali ke tampilan sebelumnya. Untuk melanjutkan pilih Continue dan tekan Enter.
  • Isikan data - data yang diminta sesuaikan dengan keinginan yang anda lakukan. Perlu saya tekan kan kepada anda sekalian jangan sampai lupa username dan password yang anda konfiguasi ini. Karena user dan password ini akan berguna untuk melakukan managemen sistem ubuntu server nantinya. Tekan menu Done untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya sistem akan melakukan proses instalasi secara otomatis, silahkan anda tunggu hingga proses ini selesai dilakukan. Proses installasi anda berhasil jika sudah ada konfirmasi Installation Complete. Pilih menu Reboot Now untuk merestart komputer dan mengeluarkan media installasi yang anda gunakan.
     
  • Jika sampai pada tahapan ini maka proses installasi yang anda lakukan sudah selesai dan siap untuk digunakan. 
Catatan:
1) tampilan ini dapat saya pastikan setiap pengguna tidak akan sama. Banyak interface yang tampil disesuaikan dengan banyaknya interface pada komputer server yang anda gunakan.

Oke, gimana mudah bukan cara installasi linux ubuntu server 18.04 LTS itu. Silahkan anda sesuaikan terlebih dahulu sebelum melakukan installasi apakah akan menggunakan PC Real atau virtualisasi. Jika anda  menggunakan PC real saya sarankan untuk HDD yang akan digunakan baru. Namun, jika anda seorang expert yang sudah lama bermain di dunia installasi maka anda masih dapat menggunakan hard disk yang masih memiliki data untuk melakukan installasi.
Sekian dahulu postingan kali ini, jika bermanfaat silahkan di sebarkan jika kurang bermanfaat silahkan kirimkan saran dan komentar agar kita dapat saling berbagi informasi apa yang anda butuhkan. Tuliskan juga kritik dan saran di kolom yang udah di sediain di bawah ya....

Posting Komentar

0 Komentar