Membuat Media Installasi Dengan Aplikasi Rufus

sumber : https://rufus.ie/id_ID.html
Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang "Membuat Media Installasi dengan Aplikasi Rufus". 
Media installasi diperlukan ketika kita akan melakukan installasi sebuah PC baik itu server ataupun desktop. Pada zaman dahulu untuk melakukan installasi sebuah PC ataupun notebook kita memerlukan sebuah media installasi yang terbuat dari kepingan DVD atau CD. Namun, sekarang di era modern harga sebuah USB Flash Drive jauh lebih murah dan kecepatan transfer USB jauh lebih cepat daripada media optical maka banyak teknisi yang menggunakan USB flash menjadi media installasi. 
Akan tetapi ngak begitu saja kalian ndak bisa memasukkan file installer (*.iso) langsung kedalam USB Flash Disk dan langsung digunakan untuk installasi. Kita perlu aplikasi khusus agar USB Flash Drive dapat digunakan sebagai media installasi. 
Cukup banyak sebenarnya aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat media installasi ini, seperti rufus, unetbootin, dll. Namun penulis menyarankan anda untuk menggunakan rufus. Alasannya adalah penggunaan rufus cukup mudah dan ukuran dari aplikasi rufus ini cukup kecil. Kita tidak perlu menginstall aplikasi ini, karena aplikasi ini bersifat portable. 

Untuk mendapatkan aplikasi rufus anda dapat mengunduhnya secara gratis pada website resminya, atau melalui penyimpanan pribadi milik penulis :
  1. Website resmi = https://rufus.ie/id_ID.html
  2. Penyimpanan Penulis = http://www.mediafire.com


Jika sudah mendapatkan aplikasi tersebut maka selanjutnya silahkan kalian ikuti langkah - langkah berikut ini untuk membuat media installasi menggunakan USB Flash Drive. 

  • Pastikan anda sudah mendownload file installer (*.iso) dan aplikasi rufus. 
  • Siapkan USB Flash Drive. Minimal berkapasitas (2 GB). Pastikan USB Flash anda dalam kondisi kosong. 
  • Akses aplikasi rufus yang sudah anda download. Klik 2x aplikasi tersebut untuk menjalankan agar dapat digunakan. 
  • Langkah selanjutnya silahkan anda tentukan lokasi dimana file installer (*.iso) sebagai contoh disini penulis menggunakan installer linux ubuntu. Klik menu Select untuk melanjutkan. 
  • Klik file installer (*.iso) yang akan dibuatkan sebuah media installasi menggunakan aplikasi rufus. Semisal penulis akan membuat media installasi linux ubuntu 18.04 LTS, maka penulis memilih file installer tersebut. 
  • Aplikasi rufus secara otomatis, akan kembali ke tampilan awal. Selanjutnya klik menu Start untuk membuatkan sebuah media installasi linux ubuntu 18.04 LTS yang nantinya akan digunakan untuk melakukan installasi. (pastikan anda sudah melakukan backup data dahulu).
  • Rufus membutuhkan beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah bootable sehingga anda harus mengkoneksikan komputer anda terlebih dahulu dengan internet. Opsi ini hanya akan muncul pertama kali saja. Klik menu Yes untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. 
  • Sekali lagi aplikasi meminta anda untuk menentukan mode apa yang digunakan untuk menulis file installer yang anda pilih ke USB Flash drive. Untuk memudahkan kalian, silahkan ikuti saja apa yang diinginkan oleh sistem. Klik menu OK untuk melanjutkan. 
  • Lalu peringatan terakhir sebelum aplikasi benar - benar melakukan pembuatan bootable, adalah peringatan aplikasi akan menghapus seluruh data yang ada di dalam USB Flash dengan anda klik menu Yes maka proses penghapusan tidak dapat dibatalkan dan proses pembuatan media installasi akan dilanjutkan. 
  • Aplikasi akan menunjukkan kemajuan dalam proses pembuatan media installasi. Tunggu hingga proses pembuatan media selesai dilakukan secara otomatis.  
  • Jikalau tidak ada permasalahan error maka aplikasi juga akan memberikan konfirmasi bahwa proses pembuatan media installasi telah selesai dilakukan. Klik menu Close untuk menutup aplikasi dan mengakhiri pembuatan media installasi. 

Sampai dengan tahapan ke 11, kalian sudah selesai dalam melakukan pembuatan installasi. Jika kalian ingin membuat installasi Microsoft Windows langkah - langkahnya masih sama. Hanya saja, ketika memilih file installer silahkan arahkan ke file installer microsoft windows. 
Sampai disini dahulu postingan kali ini, silahkan berikan komentar, kritik, dan saran di kolom komentar untuk kemajuan blogger ini.

Posting Komentar

0 Komentar