Mengenal Oracle VM VirtualBox 5.2.22

sumber gambar : https://www.virtualbox.org
Hay gaes.... Gmana ini kabar kalian ?, Semoga seluruhnya dalam kondisi yang baik - baik aja ya... Oke kali ini saya akan memposting sebuah aplikasi yang akan sering digunakan. Aplikasi ini juga digunakan oleh penulis untuk melakukan seluruh ujicoba yang diposting pada blogger ini. 
Mungkin ada di antara kalian yang sudah ngak asing dengan aplikasi ini. Mungkin ada juga yang masih asing aplikasi buat apa sich ini ? trus gratis atau bayar ?, kelebihan dibanding aplikasi sejenisnya apa ? dan masih banyak sekali mungkin pertanyaan - pertanyaan yang muncul di benak kalian. Saya disini ngak akan membahasnya terlalu panjang lebar cukup ke inti, fungsi dan kelebihan dari aplikasi ini saja ya... yuk... kita mulai pembahasannya. 
Oracle VM Virtualbox adalah sebuah aplikasi virtualisasi lintas platform dan mendukung seluruh arsitektur processor (x86 dan x64). Artinya Oracle virtualbox dapat di install di hampir seluruh sistem operasi komputer (Windows, OS X, Solaris, dan Linux Distribution). Sesuai dengan fungsinya sebagai virtualisasi maka kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan installasi berbagai macam sistem operasi. Pada saat penulis membuat tulisan ini OracleVM Virtualbox sudah mencapai versi 5.22 dimana kita dapat mmvirtualisasikan hampir seluruh sistem operasi yang ada. Misalnya saja adalah Microsoft Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10), Linux Distribution (2.4, 2.6, 3.x and 4.x), Solaris dan Open Solaris. Cukup banyak memang sistem operasi yang di dukung oleh aplikasi ini. 
Sistem virtualisasi disini artinya kita melakukan installasi sistem operasi pada perangkat VM. Sistem operasi yang diinstall di dalam VM tidak akan mengganggu sistem operasi utama. Sehingga jika anda ingin mempelajari sistem operasi linux misalnya, anda tinggal menjalankan saja sistem operasi linux pada aplikasi ini. Kelebihan kita melakukan installasi sistem operasi menggunakan VM adalah, sistem operasi yang kita install dapat berjalan berdampingan dengan sistem operasi utama kita, kedua sistem operasi yang di lakukan installasi di dalam VM dapat terhubung dengan jaringan layaknya kita memiliki 2 buah PC dengan sistem operasi yang berbeda, ketiga sistem operasi yang ada di dalam VM ketika kita salah melakukan installasi atau konfigurasi tinggal menghapusnya saja. Karena sistem virtualisasi tidak akan menggangu hard disk fisik anda. 

"Lo.... bang berarti Oracle VM Virtualbox punya hard disk sendiri..? kita beli hard disk lagi dong?"

Tenang sob.... kalian ngak perlu beli perangkat hardware lagi kok untuk menggunakan aplikasi ini. Sama seperti sebuah PC utuh, aplikasi virtualbox akan menyediakan hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah sistem operasi seperti Hard Disk, DVD/CD Rom, NIC, Processor, Ram, dll. Semua hardware tersebut akan disiapkan oleh aplikasi Oracle Virtualbox secara virtual. Jadi sebenarnya prangkat tersebut tidak ada. Namun, dibuat seolah - olah ada untuk melakukan installasi sebuah sistem operasi. 
Namun, anda perlu memperhatikan satu pesan saya, untuk menggunakan aplikasi ini anda harus memiliki resource yang cukup karena aplikasi Oracle VM Virtualbox akan mengambil resource dari komputer yang anda gunakan.

"Oke.. sekarang dimana kita bisa dapatkan aplikasi itu?, gratis atau....??"
Aplikasi oracle virtualbox dapat anda download, install, dan sebarkan secara gratis. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun. Untuk mendownloadnya disini saya berikan 2 buah link dimana link pertama akan menuju ke situs utama dari Oracle Virtualbox, dan link kedua akan menuju ke penyimpanan pribadi milik penulis. 

  1. Situs resmi oracle virtualbox.
  2. Penyimpanan pribadi penulis.

Oya... perlu kalian ketahui jika kalian mendownload melalui "situs resmi" kalian bisa memilih OS apa yang digunaka pada komputer atau notebook yang akan dilakukan installasi aplikasi Oracle VM VirtualBox. Namun, jika mendownload dari penyimpanan pribadi penulis kalian hanya dapat menggunakan aplikasi Oracle VM Virtualbox untuk sistem operasi windows. 
Oke sampai disini postingan kali ini, jika kalian ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan aja tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah ini ya.... 

Posting Komentar

0 Komentar