Prosesor seluler terbaru AMD 30 kali lebih efisien daripada tahun 2014


Pada tahun 2014, AMD mengumumkan tujuan ambisius untuk meningkatkan efisiensi energi prosesor mobile sebesar 25 kali dalam enam tahun. Pada saat itu, penelitian menunjukkan perkembangan efisiensi energi mengikuti langkah yang sama dengan Hukum Moore, yang menyatakan bahwa jumlah transistor yang dapat dikemas dalam area tertentu berlipat ganda setiap dua tahun. Untuk efisiensi energi, Hukum Koomey memperkirakan bahwa efisiensi energi berlipat ganda setiap setengah tahun. AMD diharapkan melampaui angka yang disarankan oleh penelitian ini oleh setidaknya 70% antara 2014 dan 2020.

Meskipun rencana itu ambisius, AMD tampaknya telah melampaui tujuannya sendiri. Hari ini, perusahaan mengumumkan bahwa CPU Ryzen terbaru, khususnya Ryzen 7 4800H, 31,7 kali lebih efisien daripada pengukuran baseline dari 2014. Mengomentari pencapaian tersebut, Kepala Teknologi AMD dan Wakil Presiden Eksekutif, Mark Papermaster, mengatakan:

“Kami selalu fokus pada efisiensi energi dalam prosesor kami, tetapi pada 2014 kami memutuskan untuk lebih menekankan pada kemampuan ini (...). Tim teknik kami mengumpulkan tantangan dan memetakan jalur untuk mencapai sasaran jangka panjang kami dengan efisiensi energi 25 kali lebih besar pada tahun 2020. Kami mampu melampaui tujuan kami, mencapai peningkatan 31,7 kali mengarah pada gaming dan laptop ultrathin dengan kinerja yang tak tertandingi, grafis dan baterai yang tahan lama. Saya tidak bisa bangga dengan tim teknik dan bisnis kami. "

Secara alami, lebih banyak efisiensi energi berarti lebih banyak kemampuan sambil mengonsumsi lebih sedikit energi, memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi dampak lingkungan PC. AMD mengatakan itu mengurangi waktu komputasi untuk tugas yang diberikan rata-rata 80% antara 2014 dan 2020, sementara juga menurunkan konsumsi energi sebesar 84%. Seperti yang dikatakan AMD:

Itu berarti perusahaan yang meningkatkan 50.000 laptop AMD dari model 2014 ke model 2020 akan mencapai kinerja komputasi lima kali lebih banyak dan mengurangi konsumsi energi laptop sebesar 84%, yang selama masa kerja tiga tahun berarti menghemat sekitar 1,4 juta kilowatt jam listrik dan 971.000 kg emisi karbon, setara dengan 16.000 pohon yang ditanam selama 10 tahun.

Karena banyak perusahaan teknologi berjanji untuk menetralisir emisi karbon mereka dan mengurangi dampak lingkungan mereka, berita AMD menunjukkan janji untuk PC ramah lingkungan.





Comments

Popular posts from this blog

Reddit sedang memperbaiki kode di aplikasi iOS-nya yang menyalin konten clipboard

Unboxing dan Review Smartphone LG K61

Microsoft diam-diam menghapus opsi untuk secara manual menunda pembaruan fitur melalui Windows Update