Replicant 10 (Android 10) sedang dikerjakan untuk Samsung Galaxy S3

Picture by: https://www.neowin.net/
Menurut info di forum Replicant, pengembang di balik sistem operasi perangkat lunak bebas telah mengkonfirmasi bahwa saat ini sedang dilakukan upaya untuk membawa Replicant 10 (berbasis Android 10) ke Samsung Galaxy S3 lebih dari delapan tahun setelah memasuki pasar. Replicant adalah sistem operasi berbasis Android tetapi mencoba memberi pengguna pengalaman bebas dari perangkat lunak berpemilik sumber tertutup.

Di utas yang diposting sebelumnya hari ini, pengguna bertanya apakah Replicant 9 (berdasarkan Android 9) akan secepat Replicant 6 (versi stabil saat ini berdasarkan Android 6). Menanggapi, salah satu anggota tim Replicant mengklarifikasi bahwa pengembangan aktif sebenarnya telah bermigrasi dari Replicant 9 ke Replicant 10. Mereka juga menjelaskan bahwa Replicant 10 sebenarnya akan lebih cepat daripada Replicant 6 pada Galaxy S3 (i9300) karena sekarang termasuk akselerasi perangkat keras untuk grafis render berkat driver Lima - driver open-source engine-direkayasa untuk GPU Mali-4xx.

Dalam hal memori, Galaxy S3 sedikit dibatasi dalam hal memori dengan pengiriman perangkat versi internasional hanya dengan 1GB RAM. Namun, karena sifat Replicant, aplikasi Google tidak termasuk dalam distribusi ini dan di antara aplikasi di F-Droid, tidak ada banyak aplikasi yang sangat intensif sumber daya seperti yang akan Anda temukan di Play Store sehingga masih dapat menampung dengan baik meskipun usianya.

Meskipun itu adalah salah satu perangkat Android paling sukses ketika diluncurkan, Samsung Galaxy S3 (model 1GB) hanya menikmati peningkatan resmi hingga Android 4.3 di mana saat itu Samsung mulai fokus pada perangkat yang lebih baru. Secara tidak resmi, LineageOS 14.1 (Android 7.1.2) berjalan pada perangkat dan kemungkinan versi yang lebih baru telah diangkut oleh pengembang independen. Upaya Replicant akan memungkinkan pemilik perangkat lawas ini menjadikannya lebih mutakhir.

Penting untuk dicatat, bahwa karena fokus Replicant pada perangkat lunak bebas, chip Wi-Fi tidak berfungsi pada Replicant 6 karena mereka menggunakan driver sumber tertutup. Tidak jelas apakah ada upaya untuk merekayasa balik driver ini juga atau apakah pengguna harus terus mengandalkan koneksi data seluler mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Reddit sedang memperbaiki kode di aplikasi iOS-nya yang menyalin konten clipboard

Unboxing dan Review Smartphone LG K61

Microsoft diam-diam menghapus opsi untuk secara manual menunda pembaruan fitur melalui Windows Update