Raod Map AMD Ryzen dan Radeon pada 2020-2022



Setelah mengalahkan saingan Intel dan Nvidia untuk menjadi yang pertama ke 7nm dan PCIe 4.0, AMD memiliki banyak keberhasilan yang bisa dibanggakan. Dengan harga yang terjangkau, kinerja yang luar biasa, dan desain yang canggih, ada banyak hal yang disukai dari keluarga prosesor AMD Ryzen.

Perusahaan ini telah banyak merencanakan selama beberapa tahun ke depan untuk prosesor dan kartu grafisnya yang dapat membantu memperpanjang keunggulan kinerjanya dalam persaingan. Karena lebih banyak yang dipelajari tentang rencana AMD, orang mungkin tergoda untuk terus menunda setiap upgrade PC yang potensial untuk menunggu hal besar berikutnya datang dari Team Red, yang merupakan bukti kekuatan peta jalan rekayasa perusahaan.

2020: Ryzen 4000


Laptop yang dirilis dengan prosesor mobile Ryzen 4000 AMD telah menjadi hit besar bagi AMD, dan memang seharusnya begitu. Portables yang terjangkau ini menjanjikan kinerja yang kuat, daya tahan baterai yang lama, dan bahkan kemampuan untuk mengolah data dan memainkan game Full HD, semuanya dalam desain yang ringan. AMD dan mitranya begitu optimis dengan kesuksesan silikon ini - berdasarkan arsitektur Zen 2 AMD - yang diharapkan akan diluncurkan hingga 135 desain.

Dengan keberhasilan Ryzen 4000 di ponsel, harapan kami tinggi untuk debut keluarga silikon AMD di desktop, di mana ia diperkirakan akan mendarat sebelum tahun berakhir. Ada desas-desus bahwa AMD mungkin mendorong peluncuran desktop Ryzen 4000 ke awal 2021 setelah perusahaan meluncurkan prosesor seri XT baru untuk memperpanjang umur keluarga Ryzen 3000, tetapi perusahaan telah menghancurkan rumor itu dan bersikeras bahwa tidak ada penundaan untuk Ryzen 4000.

Di sisi desktop, AMD akan menawarkan dua arsitektur berbeda untuk desktop Ryzen 4000-nya tahun ini. Yang pertama adalah Renoir APU, yang akan menampilkan Zen 2 core. Penggemar PC, bagaimanapun, sepertinya mencari jalan keluar untuk peluncuran Vermeer rilis prosesor desktop Ryzen 4000, yang akan menampilkan upgrade Zen 3 core.

Zen 3 dari Vermeer akan menampilkan peningkatan simpul proses 7nm + yang kemungkinan akan diproduksi oleh mitra TSMC dan memberikan peningkatan kinerja instruksi per siklus (IPC), kecepatan clock yang lebih cepat, dan efisiensi yang lebih baik. Tolok ukur awal menunjukkan bahwa arsitektur Zen 3 dapat menghasilkan peningkatan IPC hingga 17% dan kinerja 50% lebih baik dengan operasi floating-point. Vermeer akan menghadapi Intel Comet Lake-S generasi ke-10 dan Rocket Lake-S generasi ke-11.

Jika kinerja adalah tujuan utama Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa AMD diperkirakan akan memulai prosesor Threadripper 4000-nya, yang menggunakan nama kode Genesis Peak SP3r3, akhir tahun ini. Threadripper 4000 kemungkinan akan didasarkan pada proses 7nm + yang disempurnakan, membuat desainnya mirip dengan rilis Ryzen 4000 Vermeer.

Di sisi grafis, AMD mengumumkan bahwa arsitektur RDNA 2 - juga dikenal sebagai Navi 2x - akan debut pada akhir tahun dan menjangkau berbagai produk dari desktop ke konsol, seperti Microsoft Xbox Series X. RNDA 2 menawarkan 50% meningkatkan kinerja sambil membawa ray tracing ke kartu grafis AMD untuk pertama kalinya.

2021: Ryzen 5000

Untuk prosesor, 2021 mungkin merupakan tahun yang lambat untuk AMD di sisi CPU desktop. Spreadsheet peta jalan bocor yang diposting oleh pengguna Twitter @Komachi_Ensaka mengungkapkan bahwa AMD mungkin tidak memiliki prosesor desktop yang direncanakan untuk tahun 2021. Meskipun penggemar AMD mungkin kecewa dengan rumor ini, itu mungkin tidak sepenuhnya buruk. Setelah bertahun-tahun berada dalam bayang-bayang pesaingnya, AMD mungkin merasa cukup percaya diri dalam kekuatan jajaran CPU Ryzen 4000 yang ada untuk bersaing dengan peta jalan Intel. Intel, bagaimanapun, masih berjuang dengan hasil produksi 10nm, dan itu tidak akan memiliki prosesor 7nm sampai 2021 untuk mengejar ketinggalan dengan AMD.

Sebaliknya, tampaknya AMD akan memfokuskan upayanya pada keluarga APU, dengan peluncuran Cezanne. Cezanne akan menggantikan Ryzen 4000 Renoir, dan akan muncul di desktop dan seluler sebagai bagian dari jajaran AMD APU Ryzen 5000. Varian desktop Cezanne diperkirakan akan terus menggunakan soket AM4, membuat pembaruan dari prosesor yang lebih lama menjadi mudah, sedangkan APU seluler diharapkan menggunakan FP6 BGA, mirip dengan Renoir.

Cezanne akan menggunakan versi baru dari core pemrosesan Zen 3 AMD bersama arsitektur grafis Vega 20 yang ada. Zen 3 diharapkan akan memberikan peningkatan signifikan pada IPC, bersama dengan latensi inti yang lebih rendah. Cezanne bisa debut pada Januari 2021 bertepatan dengan waktu pameran dagang CES 2021.

AMD juga diharapkan untuk memulai APU seluler ramah-anggaran pada tahun 2021 yang akan membuat perusahaan terus meningkatkan investasinya dengan arsitektur Zen 2. Tidak jelas apakah Van Gogh akan diberi merek di bawah Ryzen 4000 atau seri Ryzen 5000 baru, tetapi AMD kemungkinan akan memilih yang terakhir untuk bertepatan dengan pengumuman Cezanne.

Menariknya, laporan awal menunjukkan bahwa meskipun Van Gogh akan menggunakan core Zen 2 yang lebih lama, itu akan membundel mereka dengan grafis Navi terintegrasi yang lebih baru. Perubahan ke Navi dari Vega menunjukkan bahwa Van Gogh akan hadir dengan arsitektur grafis RDNA 2 yang lebih baru. Selain itu, pemilik laptop yang membutuhkan kinerja GPU lebih banyak dan lebih suka solusi all-AMD dapat mencari model yang memasangkan Cezanne dengan GPU Navi 23 diskrit. Van Gogh akan menjadi pesaing platform Gen 11 Lake Intel dari Intel, yang akan datang dengan arsitektur grafis Xe yang ditingkatkan dari perusahaan.

Dengan dukungan ray tracing AMD yang menjanjikan untuk arsitektur RDNA 2-nya, sebuah APU yang memasangkan diskrit Navi 23 menjadi saingan yang tangguh terhadap solusi RTX Nvidia. Kartu grafis RDNA 2 Nvidia diharapkan mendukung Memori Bandwidth Tinggi (HBM).

Selain dari Cezanne mobile APU, AMD juga dapat meluncurkan arus utama seri-H dan CPU seri-U berdaya rendah untuk laptop yang menampilkan inti Zen 3 baru, menurut Wccftech.

Untuk grafis, arsitektur AMD RDNA 3 kemungkinan akan debut pada tahun 2021. Referensi ke Radeon Navi 3 - atau RDNA 3 - baru-baru ini ditemukan dalam rilis beta MacOS Big Sur dari Apple, menurut HotHardware, menunjukkan bahwa RDNA 3 dapat tiba pada pengiriman Mac. setelah musim gugur 2020.

Seperti dengan RDNA 2, AMD kemungkinan akan fokus pada peningkatan kinerja per watt untuk grafis generasi berikutnya. AMD mengumumkan bahwa RDNA 3 akan didasarkan pada node yang canggih, tetapi perusahaan tidak mengungkapkan secara spesifik. RDNA 2 didasarkan pada proses 7nm.

Selain membawa RDNA ke laptop, desktop, dan konsol, AMD juga bermitra dengan Samsung untuk menghadirkan arsitektur grafisnya ke smartphone. Benchmark GFXBench yang bocor mengungkapkan bahwa prosesor ponsel Exynos Samsung dengan grafis RDNA terintegrasi mengungguli prosesor berbasis ARM seluler Qualcomm Snapdragon 865 serupa dengan grafis Adreno 650 terintegrasi. Tidak jelas kapan prosesor Exynos dengan grafis RDNA terintegrasi akan debut, tetapi yang paling cepat terjadi adalah tahun 2021, menurut Tom's Hardware.

2022: Ryzen 6000

AMD telah mengkonfirmasi bahwa pengembangan Zen 4 telah dimulai pada Hari Analis Keuangan tahun ini, dan chipset akan didasarkan pada simpul 5nm. Arsitektur ini diharapkan memberikan peningkatan kinerja dan pengurangan konsumsi daya yang signifikan, fitur-fitur yang akan membuat desain Zen 4 menarik pada laptop, lipat, dan faktor bentuk yang baru dan muncul. PCGamer berharap bahwa pengurangan ukuran simpul dapat menyebabkan peningkatan kepadatan transistor hingga 87%.

Seperti rilis berbasis Zen sebelumnya, AMD kemungkinan akan debut arsitektur Zen 4 pada chip servernya. Ini berarti Anda akan dapat menemukan arsitektur 5nm pertama AMD pada jajaran EPYC Genoa terlebih dahulu. Arsitektur 5nm selanjutnya akan mulai muncul dalam silikon konsumen AMD, dan ketika itu terjadi, kami mengharapkan AMD untuk memberikan persaingan serius kepada Intel.

Untuk meningkatkan hingga 5nm, telah dilaporkan oleh Hardware Times bahwa AMD telah memesan kapasitas tambahan di pengecoran mitra TSMC. Dalam laporan sebelumnya, China Times menyatakan bahwa TSMC mengalami kemajuan dengan baik dengan proses 5nmnya, dan bahwa hasil produksi telah mencapai 50%. Node 5nm TSMC dapat memberikan prosesor AMD kepadatan transistor 80% lebih besar dan pengurangan die 45%, yang mengarah ke peningkatan kinerja 15% dibandingkan dengan arsitektur 7nm Ryzen 3000, menurut laporan di PCGamesN.

Zen 4 juga bisa menggunakan memori baru yang lebih cepat, menandakan lompatan ke RAM DDR5. Jika akurat, Zen 4 dapat membutuhkan desain motherboard baru, menurut spekulasi dari TechRadar, serta transisi dari soket AM4.

Mengingat peluncuran yang diantisipasi Zen 4 menjelang akhir 2021 atau awal 2022, kami berharap CPU Ryzen 5000 baru berbasis Zen 4 core secara resmi diumumkan pada saat ini. Selain prosesor utama - yang diberi nama kode Warhol - yang akan menggantikan Vermeer, AMD juga diperkirakan akan memulai prosesor Ryzen 5000 Threadripper, menurut Wccftech.

Di sisi APU, AMD dikabarkan akan mengerjakan produk Ryzen 6000 dengan nama kode Rembrandt yang akan menggantikan Cezanne 2021. APU desktop ini dikatakan memiliki simpul 6nm yang akan menampilkan inti Zen 3 Plus. Arsitektur Zen 3 Plus diharapkan memberikan efisiensi energi dan peningkatan kinerja yang lebih baik daripada platform Zen 3 standar.

Comments

Popular posts from this blog

Unboxing dan Review Smartphone LG K61

Reddit sedang memperbaiki kode di aplikasi iOS-nya yang menyalin konten clipboard

"Cloud Smart" yang sesuai untuk keamanan dengan Stealthwatch Cloud by Cisco